Tujuh Gaya Hidup Sehat Pencegah Kematian Dini



Memiliki umur yang panjang tentu menjadi dambaan bagi setiap orang. Dengan memiliki umur yang panjang tersebut akan membuat seseorang bisa menikmati hidup mereka lebih lama lagi. Bermacam cara dilakukan agar keinginan tersebut bisa terwujud.

Salah satunya adalah dengan menerapkan gaya hidup sehat. Namun, pada prakteknya tidak semua orang bisa menerapkan gaya hidup sehat ini dengan baik. Hal yang menjadi penghambat utama adalah aktivitas yang sangat padat serta rasa malas yang kapan saja bisa muncul.

Tidak hanya itu, banyak juga orang yang berfikir bahwa memulai gaya hidup sehat itu merupakan perkara sulit. Namun tahukah anda sebenarnya ada cara mudah untuk memulai gaya hidup sehat agar bisa terhindar dari kematian dini. Apa sajakah itu? Berikut informasi selengkapnya. 

1. Selalu Aktif
Hal pertama yang harus diperhatikan agar mencegah kematian dini adalah selalu aktif. Maksudnya di sini adalah jangan terlalu banyak melakukan aktivitas dengan duduk terlalu lama. Terlebih di depan komputer atau menyaksikan acara di televisi. Ada baiknya untuk mengurangi kebiasaan tersebut, sebab dapat mempercepat kematian seseorang. Mulailah aktivitas lainnya yang membuat anda tetap bergerak secara aktif.

2. Jangan Takut Terkena Sinar Matahari Pagi
Banyak orang yang menghindari bahkan takut terkena sinar matahari pada pagi hari. Namun sebenarnya sinar mataharu itu sangat baik untuk kesehatan tubuh manusia. Dengan membiasakan diri terkena paparan sinar matahari pagi maka akan membuat tubuh terpacu dalam memproduksi vitamin D. Vitamin D ini berfungsi untuk menangkal penyakit jantung, aneka jenis kanker dan juga mencegah pengeroposan tulang dini. Hal ini membuat tubuh semakin sehat dan dapat terhindar dari kematian dini. 

3. Konsumsi Buah dan Sayur
Tubuh selalu membutuhkan suplay nutrisi yang cukup agar tetap sehat. Untuk itu ada baiknya jika menambah dan memperbanyak konsumsi buah-buahan serta sayur agar nutrisi tubuh terjaga. Dengan demikian maka akan membuat tubuh lebih sehat dan dapat mencegah kematian dini. 

4. Rutin Berolahraga
Rutinitas setiap hari terkadang membuat seseorang tidak bisa menyempaykan diri untuk sekedar berolahraga. Padahal sebenarnya, olahraga menjadi salah satu faktor penting untuk tetap membuat badan tetap sehat dan fit sepanjang hari. Untuk itu, mulai saat ini sisihkanlah waktu pagi sebelum berangkat kerja untuk berolahraga seperti berjalan, berlari atau sekedar bersepada santai. 

5. Berhenti Merokok
Salah satu kebiasaan yang bisa mempercepat kematian adalah dengan merokok. Untuk itu, mulai saat ini berhentilah merokok dan ubah dengan gaya hidup sehat agar memiliki umur yang lebih panjang. Sebab kandungan yang terdapat dalam rokok tersebut tidak bersahabat untuk tubuh manusia dan berpotensi menimbulkan bermacam-macam penyakit. 

6. Perbanyak Senyum dan Tertawa
Tidak hanya sebatas mengonsumsi makanan sehat dan menghentikan kebiasaan merokok saja. Namun dengan tertawa dan tersenyum juga termasuk ke dalam gaya hidup sehat yang dapat menghindarkan diri dari kematian dini. 

Untuk itu, mulai saat ini seringlah tertawa dan tersenyum karena aktivitas tersebut berdampak baik bagi kesehatan. Selain itu, kebiasaan tersenyum dan tertawa baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Sempatkanlah untuk bercanda dengan teman atau menonton acara komedi di televisi.

7. Batasi Konsumsi Makanan Siap Saji
Hal terakhir yang bisa menjadi pencegah kematian dini adalah dengan membatasi konsumsi makanan siap saji. Sebab kebiasaan konsumsi makanan siap saji ini berdampak tidak sehat bagi tubuh manusia. Mulai saat ini, cobalah untuk masak sendiri makanan yang hendak dikonsumsi karena dengan demikian kita akan lebih mengetahui mengenai nilai kebersihan dan gizi dari suatu makanan. 

Demikianlah ulasan mengenai tujuh cara hidup sehat pencegah kematian dini. Jika mengingingkan memiliki umur panjang dan tubuh yang tetap sehat, maka ada baiknya untuk mengikuti cara-cara di atas. Semoga artikel ini bermanfaat.

Sumber: http://www.infophoria.com/2015/12/tujuh-gaya-hidup-sehat-pencegah.html

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tujuh Gaya Hidup Sehat Pencegah Kematian Dini"

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.