Inilah 5 Daerah di Indonesia yang Terkenal dengan Budaya Pasang Susuk

Susuk adalah sebuah ritual memasukkan sebuah benda ke dalam tubuh manusia. Biasanya benda itu berupa loga mula seperti emas, hingga berlian dan juga bunga. Seseorang melakukan ritual ini untuk mendapatkan manfaat tertentu semisal memberikan pesona, memiliki perkataan yang mudah dituruti hingga memperoleh kekebalan tubuh.

Susuk tergolong ritual atau aktivitas yang melibatkan hal-hal berbau mistik. Terlebih cara memasukkan bendanya juga sangat ajaib bahkan tanpa membuat kulit luka. Dalam beberapa hal, susuk juga berhubungan dengan makhluk halus yang diwujudkan benda lalu dimasukkan ke dalam tubuh manusia.

Di Indonesia, ritual-ritual semacam ini banyak ditemukan di berbagai tempat. Namun, lima daerah ini dikenal paling manjur dalam susuk ke tubuh manusia. Berikut selengkapnya.

1. Susuk dari Kalimantan
Susuk bukanlah hal baru bagi suku-suku yang ada di Kalimantan. Mereka sudah sejak lama percaya dengan hal-hal berbau mistik mulai dari praktik sihir seperti dukun hingga susuk. Di Kalimantan, susuk banyak dipasangkan kepada wanita yang menginginkan pesona dalam dirinya. Biasanya jenis susuk pemikat akan dimasukkan ke dalam bentuk jarum tipis terbuat dari emas atau berlian.

Selain digunakan untuk memberi pesona. Susuk juga digunakan untuk membangun rumah atau memberi pengelarisan saat berdagang. Susuk seperti berlian sering dipasang pada pasak agar menjadi kuat dan orang jadi nyaman untuk tinggal. Sementara itu susuk emas juga dipasang pada pintu toko untuk mendatangkan banyak rezeki.

2. Susuk dari Daerah Jawa Tengah
Daerah selanjutnya yang mengenal praktik susuk adalah di Jawa Tengah dan sekitarnya. Di daerah ini banyak wanita yang memasang susuk kantil (cempaka putih) di dalam tubuhnya. Konon bunga kantil akan membuat aura kecantikannya semakin memancar. Bahkan yang awalnya tidak rupawan akan nampak lebih menarik saat dilihat oleh pria mana pun.

Bunga kantil dipilih karena secara budaya selalu berkaitan dengan hal-hal berbau mistis. Bahkan banyak makhluk astral yang menginginkan bunga kantil ada dalam sesajennya. Selain bunga kantil, di Jawa Tengah juga mengenal susuk besi dan susuk baja untuk memberikan kekuatan dan kekebalan pada tubuh.

3. Susuk dari Daerah Melayu
Orang-orang di daerah Melayu mengenal apa yang namanya susuk dari rempah dan bunga. Biasanya rempah-rempah seperti merica, ketumbar, dan bawang lalu bunga seperti kenanga, melati, dan mawar. Rempah dan bunga ini akan dikeringkan lalu dibuat dalam bentuk serbuk sebelum akhirnya dimasukkan ke dalam tubuh.

Selain rempah dan bunga, susuk dalam bentuk emas cair juga kerap dimasukkan ke dalam tubuh. Biasanya susuk ini berguna untuk memikat hati lawan jenis. Dengan memakai ini, seseorang akan sangat mudah mendapatkan kekasih meski awalnya tidak pernah laku.

4. Susuk dari Daerah Jawa Timur
Daerah Jawa Timur seperti Banyuwangi dan sekitarnya terkenal sekali dengan hal-hal berbau magis, termasuk susuk. Di kawasan ini mengenal dengan apa itu yang namanya susuk aura. Susuk ini tak menggunakan benda fisik seperti emas, besi, atau berlian. Sesuatu yang dimasukkan ke dalam tumbuh manusia adalah aura yang kadang berasal dari makhluk halus atau dibuat oleh si pemasang itu sendiri.

Susuk aura akan memberikan efek yang sangat cepat kepada pengguna. Seseorang yang awalnya biasa saja akan menjadi bercahaya hingga disukai banyak sekali orang. Sayangnya susuk seperti ini tidak bertahan lama. Terlebih jika melanggar pantangan seperti tidak salat atau melakukan ibadah lainnya sesuai tuntunan agama yang diyakini.

5. Susuk dari Indonesia Timur
Indonesia Timur juga memiliki tradisi susuk meski tak sama dengan yang ada di Jawa. Biasanya susuk dari daerah ini berasal dari benda-benda seperti mutiara hitam yang nanti akan dihaluskan. Susuk jenis ini akan memberikan manfaat berupa vitalitas terutama para pria yang mengalami gangguan pada fungsi alat vitalnya.

Selain berupa mutiara hitam, susuk lain dari daerah ini bisa berupa susuk logam mulia yang akan memberikan manfaat keberkahan dan juga melancarkan jodoh. Orang-orang dari ibu kota pun banyak yang datang ke sini untuk sekadar merasakan dahsyatnya susuk dari timur Indonesia.

Inilah lima daerah di Indonesia yang terkenal akan budaya memasang susuk magis ke dalam tubuh. Menurut sobat semuanya, memasang susuk itu bermanfaat tidak ya? Kalau secara agama pasti dilarang karena percaya dengan hal-hal mistik.

Sumber: http://www.boombastis.com/susuk-indonesia/68526

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Inilah 5 Daerah di Indonesia yang Terkenal dengan Budaya Pasang Susuk"

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.