Berbagi artikel unik dari berbagai penjuru dunia

Gatal Karena Gigitan Nyamuk? Atasi dengan Lima Bahan ini

Musim penghujan menjadi musim yang sangat akrab dengan makhluk bernama nyamuk. Genangan air yang terdapat dimana-mana bisa menjadi tempat ternyaman bagi nyamuk untuk berkembang biak. Si hewan pengganggu ini terkadang menggigit tanpa disadari oleh manusia. 

Hasil dari gigitan ini biasanya akan menimbulkan benjolan dan rasa gatal yang dapat mengganggu selama beberapa waktu. Banyak orang yang kemudian menggaruk bagian yang terkena gigitan nyamuk untuk menghilangkan rasa gatal. 

Akan tetapi, terkadang menggaruk ini tidak bisa mengatasi rasa gatal tersebut. Namun tidak perlu khawatir, karena ternyata ada bahan-bahan di rumah yang bisa dimanfaatkan untuk mengurangi rasa gatal. Apa saja bahan tersebut? Berikut ini ulasan selengkapnya. 

1. Oatmeal
Bahan yang bisa digunakan untuk mengurangi rasa gatal dan bengkak karena gigitan nyamuk adalah oatmeal. Bahan makanan ini mengandung senyawa khusus yang bersifat anti-iritasi. 

Caranya cukup mudah, hanya perlu mencampurkan oatmeal dengan air air menggunakan perbandingan yang sama. Selanjutnya adalah menuangkan beberapa sendok oatmeal ke kain bersih, lalu tempelkan sambil usapkan ke kulit yang teriritasi selama 10 menit. Kemudian bilas dengan air bersih. 

Namun, jika memiliki banyak bekas gigitan nyamuk, anda bisa mencoba untuk mandi dengan oatmeal. Caranya sangat muda, cukup taburkan satu cangkir oatmeal ke dalam bak mandi atau bath tub penuh air hangat. Lalu berendamlah di dalamnya selama 20 menit sambil menggosok oatmeal ke seluruh tubuh. 

2. Es Batu
Bahan selanjutnya adalah es batu. Suhu dingin dari es batu dapat membantu mengurangi peradangan dan membuat kulit mati rasa untuk sementara. Hal ini bisa menjadi solusi langsung jangka pendek untuk meredakan gatal yang diakibatkan karena gigitan nyamuk. 

Ketika merasa gatal karena gigitan nyamuk, ada baiknya untuk menggunakan kompres dingin atau kantung diisi dengan es batu yang dihancurkan untuk mengurangi rasa gatal ini. Lakukan sebentar saja, karena apabila terlalu lama dapay merusak kulit. 

3. Madu
Madu ternyata juga menjadi bahan di rumah yang bisa mengurangi rasa gatal. Ternyata madu memiliki sifat anti-bakteri dan anti-inflamasi. Zat manis ini menjadi pilihan umum di kalangan penggemar obat tradisional. Madu telah ratusan tahun memiliki reputasi sebagai obat penghilang gatal yang ampuh. 

Caranya sangat mudah, hanya perlu mengoleskan setetes madu ke bagian kulit yang digigit nyamuk untuk meredakan gatal. Begitu rasa gatal mulai berkurang, bersihkan kulit dengan air ataupun lap basah. 

4. Lidah Buaya
Lidah buaya mempunyai banyak kegunaan selain dijadikan sebagai tamanan hias. Selama ini kita mengetahui jika gel lidah buaya itu sering dijadikan sebagai ramuan penyubur rambut, meringankan gejala psoriasis, herpes hingga melembabkan kulit. 

Namun ternyata, gel dari lidah buaya ini juga terbukti mempunyai sifat anti-inflamasi yang bisa membantu meyembuhkan luka ringan atau infeksi. Sehingga cocok digunakan untuk menyembuhkan bekas gigitan nyamuk. 

Caranya pun cukup mudah, hanya perlu mengoleskan gel lidah buaya tersebut ke bagian kulit yang teriritasi da kemudia membersihkannya jika rasa panas dan gatal tersebut hilang. 

5. Baking Soda
Baking soda menjadi bahan terakhir yang bisa digunakan untuk meredakan rasa gatal karena gigitan nyamuk. Bahan ini bisa ditemukan dihampir setiap dapur, biasanya digunakan untuk membuat roti hingga membersihkan saluran air.

Ternyata baking soda atau dikenal dengan natrium bikabornat juga merupakan obat gigitan nyamuk. Caranya cukup mudah hanya perlu menyampurkan baking soda dengan air hingga membentuk pasta. Oleskan campuran tersebut ke bagian kulit yang bentol atau gatal, diamkan selama 10 menit lalu bersihkan dengan air atau lap basah. 

Demikianlah ulasan mengenai lima bahan yang bisa mengatasi gatal karena gigitan nyamuk. Ada baiknya apabila di musim hujan ini anda lebih memperhatikan kebersihan lingkungan tempat tinggal agar nyamuk tidak mudah berkembang biak dan menggigit anda dan keluarga.

Sumber: http://www.infophoria.com/2015/11/gatal-karena-gigitan-nyamuk-atasi.html

Related : Gatal Karena Gigitan Nyamuk? Atasi dengan Lima Bahan ini

0 Komentar untuk "Gatal Karena Gigitan Nyamuk? Atasi dengan Lima Bahan ini"

Note: Only a member of this blog may post a comment.