12 Makanan yang Bikin Orang Cepat Tua

Mengapa kulit terasa mengendur setelah menjalani serangkainan pesta liburan. Beberapa kegemaran tidak akan membuat usia Anda menua dalam semalam. Namun, mengonsumsi makanan buruk terus-menerus dapat mempercepat proses penuaan kulit (dan gigi) dari waktu ke waktu.

"Apa yang Anda makan dapat memengaruhi kulit Anda menjadi lebih baik atau buruk," kata Ariel Ostad, dokter dari American Academy of Dermatology. Dilansir dari laman Health, berikut ini adalah 12 makanan yang sebaiknya dibatasi agar Anda tak cepat tua. 

Permen
Gula yang berlebihan dapat memulai proses glikasi. “Teorinya adalah, ketika Anda makan lebih banyak gula daripada kemampuan memproses sel, molekul gula yang berlebihan bergabung dengan protein, menciptakan advanced glycation end products (yang disingkat AGES)," jelas Ostad. Pada akhirnya AGES dapat merusak kolagen kulit seseorang. Kolagen adalah protein yang dapat membuat kulit kencang dan awet muda. 

Terlalu banyak hal-hal manis juga buruk bagi senyum Anda. "Gula yang menempel pada gigi, mendorong bakteri, pembusukan, dan perubahan warnak," kata Brian Kantor, dokter gigi kosmetik yang berpraktik di Kota New York. Jika Anda mengonsumsi makanan manis, berkumurlah untuk menghilangkan penumpukan apapun. 

Alkohol
Hati yang sehat berarti kulit yang sehat. "Ketika hati berfungsi dengan baik, racun yang berpotensi memengaruhi kulit akan dikeluarkan secara alami melalui tubuh," kata Ostad. Namun, dia melanjutkan, ketika racun menyebar di dalam hati dan tidak dipecah dengan benar, kulit akan mengalami berbagai masalah, seperti jerawat, warna yang pudar, dan keriput. 

Minuman beralkohol juga dapat memicu wabah rosacea. Alkohol dapat membuat dehidrasi dan buruk bagi tidur, yang dikaitkan dengan penuaan dalam penelitian yang dilakukan Case Western Rerserve University. "Kurang tidur membuat keriput, pigmentasi tidak merata, dan mengurangi elastisitas kulit." 

Anggur Putih
Anggur putih memiliki kategori berbeda karena dapat efek merusak gigi. Asam yang terkandung di dalam anggur putih merusak enamel dan membuat gigi lebih rentan terhadap noda yang tahan lama. Jadi jika terbiasa mengakhiri hari dengan segelas anggur putih, gigi akan lebih rentan terhadap noda kopi keesokan pagi. 

Sikatlah gigi segera setelah minum (berlaku untuk setiap minuman asam). "Anda harus memberikan waktu gigi untuk remineralisasi setelah bermandikan minuman asam," kata Mauren McAndrew, profesor klinis dari New York University School of Dentistry. "Setelah minum saya akan menunggu selama satu jam sebelum menyikat gigi."

Daging Hangus
Arang hitam di burger Anda mungkin berisi hidrokarbon pro-inflamasi. Zat tersebut membawa masalah terutama bagi kulit karena dapat merusak kolagen kulit, kata Ostad menjelaskan. 

Meski demikian, jangan menghapus menu barbeque sebagai makanan favorit. Setidaknya pastikan Anda mengikis arang hitam, dan membersihkan panggangan sesudahnya sehingga tidak mengotori makanan berikutnya. 

Makanan Asin
Barangkali Anda tidak memasak dengan garam, tapi itu tidak menjamin asupan garam rendah. "Banyak makanan kaleng yang diawetkan dengan sodium, yang membuat air tertahan dan menyebabkan tampilan 'bengkak'," kata Ranella Hirsch, MD, mantan presiden American Society of Cosmetic Dermatology & Aesthetic Surgery, yang juga dermatologis di Massachusetts. Jika butuh perbaikan cepat memerangi penahanan cairan, Anda bisa memakai pelembab yang mengandung kafein. 

Makanan Pedas
Makanan pedas tidak hanya dapat memperburuk kulit rosacea (kulit kemerahan pada wajah), tetapi juga mengakibatkan kerusakan selama menopause. "Diyakini bahwa pembuluh darah di kulit menjadi lebih reaktif," kata Ostad. 

Jangan khawatir jika ingin menikmati makanan pedas sesekali. Namun, seringnya mengonsumsi makanan pedas dapat menyebabkan melebarnya pembuluh darah vena, bengkak, dan kemerahan permanen." 

Minuman Energi
Minuman energi membuat semangat Anda meningkat, seperti halnya seorang anak kecil. Namun, minuman tersebut tidak baik bagi kemudaan gigi Anda. Pada kenyataannya, gigi yang terekspos minuman berenergi mencabut lebih banyak enamel daripada minuman olahraga, menurut penelitian General Dentistry. Minuman energi juga diketahui memiliki kandungan asam lebih tinggi. Ingat bahwa keasaman gigi lebih rentan terhadap noda. 

Limun
Semua jeruk menipiskan enamel Anda, tetapi lemon adalah yang terburuk. Menurut studi General Dentistry, jus lemon membuat kerusakan terbesar pada gigi jika dibandingkan dengan jus jeruk dan jus anggur. 

"Tambahkan gula dalam limun untuk menyamarkan keasaman, Anda memiliki pengikis enamel dari asam, ditambah dengan penumpukan plak dari gula, akan menciptakan noda dan kerusakan." 

Minuman Berkafein
"Kafein seperti diuretik lain membuat Anda mengeluarkan cairan, dan menguras tubuh dari kelembaban," kata Dr Hirsh. Itu termasuk kulit. Dehidrasi apa pun dapat mengeringkan kulit sehingga terlihat kusam dan tua. 

Kabar baiknya, mudah saja memerangi konsekuensi dari terlalu banyak kopi. "Memakai pelembab dari tangan ke bawah adalah cara termudah agar langsung terlihat muda," katanya. Cobalah pelembab dengan asam hyaluranic, bahan pelembab super yang menahan seribu kali beratnya di dalam air. 

Lemak Trans
Lemak trans tidak hanya menjadi penyebab risiko penyakit jantung, tetapi juga buruk bagi kulit. "Lemak trans meningkatkan peradangan," kata Ostad. Yang artinya berita buruk bagi kolagen seseorang. Ditambah, lemak tidak sehat membuat seseorang lebih rentan terhadap kerusakan sinar ultraviolet, yang merupakan penyebab penuaan nomor satu. 

Jangan tertipu dengan label yang mengatakan 'lemak trans 0 gram', karena masih mengandung di bawah 0,5 gram lemak buatan. Hindari juga produk minyak terhidrogenasi parsial pada label bahan makananan. 

Kopi
Kafein bukan satu-satunya alasan usia Anda menjadi lebih tua ketika menegak secangkir kopi, tapi juga buruk bagi gigi. "Minuman asam dapat membuat pori-pori mikroskopis pada permukaan enamel yag menyebabkan erosi pada gigi. 

Penelitian menunjukkan minum kopi memiliki manfaat kesehatan termasuk kemungkinan kafein dapat mengurangi risiko kanker kulit. Setelah minum kopi, lanjutkan dengan meminum segelar air putih. 

"Air memiliki pH netral yang menyapu asam." Permen karet juga dapat mengurangi perubahan warna karena meningkatkan produksi air liur yang dapat meremeneralisasi gigi. Remeneralisasi membantu melindungi enamel gigi. 

Teh Hitam
Berkat kandungan tannin yang tinggi, peminum teh juga tidak terbebas dari noda di gigi. Sebuah studi yang diterbitkan oleh International Journal of Dental Hygiene menemukan kasein dalam susu mengurangi noda gigi karena teh. 

Namun jika membuat teh dengan susu lalu memasukkan lemon, sama seperti asam dalam kopi. Asam sitrat membuat enamel gigi lebih berpori sehingga rentan terhadap noda.

Sumber: http://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20141117155349-262-12030/12-makanan-yang-bikin-orang-cepat-tua/

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "12 Makanan yang Bikin Orang Cepat Tua"

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.