Ketahui 8 Bahaya Tidur Saat Pagi Bagi Kesehatan



Tidur memang menjadi hal terpenting yang harus dilakukan setiap hari. Hal ini bertujuan untuk mengistirahatkan tubuh dari segala aktivitas. Biasanya banyak orang menggunakan malam hari sebagai waktu untuk tidur. Namun, tidak jarang ada juga yang melanjutkan tidur saat pagi hari hingga menjelang siang. 

Kebiasaan ini sering dilakukan ketika waktu libur atau akhir pekan tiba. Alasan yang sering diungkapkan adalah akhir pekan atau libur adalah saat yang tepat memperlama waktu tidur.

Padahal pandangan yang demikian ini adalah sebuah kesalahan. Mengapa? Sebab menghabiskan waktu di pagi hari untuk tidur ternyata justru membahayakan kesehatan. Berikut ini 8 bahaya tidur saat pagi hari bagi kesehatan. 

1. Sakit Kepala
Gangguan kesehatan pertama yang bisa didapatkan dari tidur saat pagi adalah sakit kepala. Hal ini disebabkan karena adanya cairan serebrosional yang bergerak ke otak ketika kita tidur terlalu lama. Jika kondisi ini berlangsung dalam jangka waktu yang lama, maka akan membuat sakit kepala parah dan bahkan bisa menyebabkan kebutaan. 

Menurut para saraf, “tidur yang terlarang adalah tidur ketika selesai shalat shubuh hingga matahari terbit. Karena pada waktu tersebut adalah waktu untuk menuai ghonimah (pahala yang berlimpah). Mengisi waktu tersebut adalah keutamaan yang sangat besar, menurut orang-orang sholih. Sehingga apabila mereka melakukan perjalanan semalam suntuk, mereka tidak mau tidur di waktu tersebut hingga terbit matahari. Mereka melakukan demikian karena waktu pagi adalah waktu terbukanya pintu rizki dan datangnya barokah (banyak kebaikan).” (Madarijus Salikin, 1/459, Maktabah Syamilah)

2. Sulit Konsentrasi
Sulit berkonsentrasi menjadi masalah kesehatan yang akan diidap oleh orang yang sering melanjutkan tidur di pagi hari. Tidur terlalu lama bisa membuat seseorang menjadi sulit berkonsentrasi dalam waktu lama. Hal ini bisa diatasi jika setelah bangun tidur orang tersebut langsung berolahraga. 

3. Kehilangan Waktu Produktif
Banyak ahli yang beranggapan bahwa pagi hari merupakan waktu yang paling produktif sebab pada waktu ini pikiran manusia masih segar. Jadi, jika terlalu lama tidur berarti orang tersebut telah kehilangan waktu produktifnya dalam sehari.

Kehilangan waktu produktif akan berpengaruh pada proses pengerjaan tugas yang harusnya bisa selesainya sore harinya, terpaksa berlanjut hingga larut malam dan harus dikerjakan dengan terburu-buru. Hal ini juga akan membuat orang tersebut begadang, seperti yang diketahui bahwa begadang itu tidak baik bagi kesehatan. 

4. Lesu
Menambah jam tidur bukan berarti akan membuat tubuh menjadi segar. Justru sebaliknya, orang yang tidur berlebihan akan menjadi lebih lesu. Sebab metabolisme masih bekerja dalam ‘set’ malam hari. Sementara tubuh membutuhkan waktu lebih lama untuk memulai sistem dan tidak bisa berfungsi normal. Namun, jika tetap ingin tidur sedikit lebih lama usahakan jangan melebihi tiga puluh menit. 

5. Masalah Metabolisme
Selain menjadi lesu, tenyata tidur di pagi hari juga berpengaruh pada masalah metabolisme tubuh. Jika tidur terlalu mala, maka tubuh tidak akan berfungsi sesuai dengan ritmenya. Orang tersebut akan merasa lapar dalam jangka waktu yang lama dan hal yang demikian itu mempengaruhi kecepatan metabolisme. Bahkan hal ini juga bisa membuat bobot tubuh meningkat.

6. Menyebabkan Malas dan Tidak Bersemangat di Sisa Harinya
Tidaknya bisa menyebabkan sesorang menjadi lesu, ternyata tidur di pagi hari juga dapat menyebabkan malas dan tidak bersemangat di sisa harinya. Maksud dari hal ini dapat dilihat dari perkataan Ibnul Qayyim. Beliau rahimahullah berkata, “Pagi hari bagi seseorang itu seperti waktu muda dan akhir harinya seperti waktu tuanya.” (Miftah Daris Sa’adah,2/216). 

Padahal sebenarnya amalan seseorang di waktu muda itu sangat berpengaruh terhadap amalannya di waktu tua. Jadi, jika di waktu mudanya mereka malas-masalan dengan sering tidur, maka ketika sore harinya dia juga akan malas-malasan juga.

7. Menghambat Datangnya Rezeki
Seperti yang diketahui bahwa pagi hari merupakan waktu yang tepat untuk mencari rezeki. Jadi apabila waktu tersebut digunakan untuk tidur, maka terhambatlah datangnya rezeki tersebut. Ibnul Qayyim berkata, “Empat hal yang menghambat datangnya rizki adalah [1] tidur di waktu pagi, [2] sedikit sholat, [3] malas-malasan dan [4] berkhianat.” (Zaadul Ma’ad, 4/378)

8. Menyebabkan Berbagai Penyakit Badan
Gangguan kesehatan yang terakhir karena tidur pagi adalah menyebabkan berbagai penyakit bagi tubuh manusia. Di antaranya bisa membuat tubuh pegal-pegal karena terlalu lama tidur, bahkan ternyta tidur di pagi hari juga bisa melemahkan syahwat. 

Demikianlah ulasan mengenai 8 bahaya tidur pagi bagi kesehatan. Setelah mengetahui bahayanya tersebut, usahakanlah untuk tidak menlanjutkan tidur pada pagi hari. Selain itu, tidur dan bangunlah secara teratur agar tubuh menjadi sehat.

Sumber: http://www.infophoria.com/2015/12/ketahui-8-bahaya-tidur-saat-pagi-bagi.html

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Ketahui 8 Bahaya Tidur Saat Pagi Bagi Kesehatan"

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.