Tujuh Mata Air Terpanas di Dunia



Wisata air memang menjadi salah satu objek yang banyak diincar oleh banyak orang. Salah satunya yaitu sumber mata air panas, di Indonesia sendiri ada beberapa lokasi untuk menikmati sumber air mata air panas di antaranya ada di pulau Jawa. 

Mata air panas ini sendiri merupakan mata air yang dihasilkan akibat keluarnya air tanah dari kerak bumi setelah dipanaskan secara geotermal (panas bumi). Biasanya kita bisa menemukan sumber air panas di kawasan gunung berapi atau ketinggian. 

Ada mata air panas yang bisa digunakan untuk pemandian, namun ternyata ada juga yang berbahaya untuk dimasuki oleh manusia karena memiliki kadar panas yang luar biasa. Sumber mata air terpanas ini tersebar di beberapa wilayah di belahan dunia. Dimana sajakah itu? Berikut informasi selengkapnya. 

1. The Grand Prismatic Spring: America’s largest
Mata air terpanas di dunia yang pertama yaitu The Grand Prismatic Spring: America’s Largest. Mata air ini merupakan mata air panas yang paling besar di Amerika. Dan merupakan nomor tiga terbesar di dunia. Mata air ini terletak di daerah Yellow Stone Park memiliki luas sekitar 250 x 300 kaki (75 x 91 meter) dan kedalaman 160 kaki (49 meter), menghasilkan 560 galon (2000 liter) bersuhu 160°F (71°C) air/menit. Mata air ini bisa berubah warna pada saat musim semi, perubahan warna tersebut terjadi karena ganggang dan pigmen yang semakin berkembang dan membesar di pinggir kolam air panas ini. Banyaknya perubahan warna bergantung pada rasio klorofil, dan yang pastinya psat dari air panas ini terasa sangat panas.

2. Mammoth Hot Springs: Largest Carbonate-Depositing Spring In The World
Sumber mata air panas di dunia selanjutnya berada di Yellowstone, Mammoth Hot Springs terkenal paling besar, menyerupai campuran air soda. 

3. Blood Pond Hot Spring: welcome to hell
Blood Pond Hot Spring adalah salah satu “neraka” (jigoku) di Beppu, Jepang, sembilan sumber air panas alami yang menakjubkan untuk dilihat daripada mandi/berendam. “Blood Pond Hell” begitu orang menyebutnya, menampilkan kolam air merah yang panas. Menurut perkiraan ini adalah yang paling fotogenik di antara sembilan neraka. Apakah anda berani dekat dengan mata air panas yang satu ini?

4. Blue Lagoon: Iceland’s geothermal spa
Ketika mendengar namanya kita pasti berpikir ini bisa dijadikan kolam air panas yang berguna untuk spa tubuh kita. The Blue Lagoon geothermal spa adalah salah satu tujuan wisata yang paling besar di Eslandia. Laguna biru ini dipanaskan dengan menggunakan pembangkit listrik yang berada di sekitar laguna tersebut. Kebanyakan orang percaya dengan mandi di Laguna biru ini bisa menyembuhkan berbagai macam penyakit, salah satunya yaitu penyakit kulit. Suhu air di kolam renang kira-kira 40°C (104°F). Sumber air mineral terletak di Grindavík, Reykjanes Peninsula, barat-daya Eslandia. Daerah ini terletak sekitar 24 mil (39 kilometer) dari ibu kota Reykjavík

5. Glenwood Springs: world’s largest natural hot springs swimming pool
Mata air ini terletak di Colorado, AS, merupakan kolam renang yang bersumber dari mata air panas pegunungan dengan laju aliran sebanyak 143 liter/detik. Anda bisa berendam di genangan sambil melakukan terapi bersama air bercampur mineral yang asin dengan suhu 104°F (40°C), maupun berenang di kolam yang sangat besar dengan suhu 98°F (36°C).

6. Jigokudani Hot Springs: home to the japanese Snow Monkeys
Dari namanya saja kita bisa menebak kalau kolam mata air panas ini banyak terdapat monyet. Ternyata apa yang kita pikirkan benar. Jigokudani Hot Springs di Nagano Prefecture, paling terkenal di Jepang yang biasa disebut “snow monkeys”, yaitu kera liar Jepang yang menikmati perairan yang panas secara alami di samping para pengunjung. Lebih dari seratus Macaques (kera asli Jepang) yang tinggal di Jigokudani Monkey Park, yang terletak di “Hell Valley” (Lembah Neraka).

7. Deildartunguhver: highest flow hot spring in Europe
Deildartunguhver terletak di Reykholtsdalur, Eslandia, memiliki karakteristik laju aliran yang sangat tinggi untuk sumber air panas (180 liter/detik) dan bersuhu 97 °C. Aliran yang paling tinggi di Eropa. Sebagian dari air dipergunakan untuk memanaskan, pipa berukuran 34 kilometer disalurkan ke Borgarnes dan 64 kilometer kepada Akranes Demikianlah informasi mengenai tujuh sumber mata air panas yang tersebar di seluruh belahan dunia. Ada baiknya untuk dapat menjaga jarak dari lokasi ini agar keselamatan tetap terjaga.

Sumber: www.infophoria.com/2017/01/inilah-tujuh-mata-air-terpanas-di-dunia.html

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tujuh Mata Air Terpanas di Dunia"

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.