Berbagi artikel unik dari berbagai penjuru dunia

Inilah 9 Tanda Orang Kecanduan Media Sosial

Media sosial merupakan salah satu fasilitas yang bisa didapatkan di era teknologi mobile dan internet seperti saat ini. Media sosial menawarkan beberapa kemudahan untuk berkomunikasi dengan orang lain yang berjauhan.

Selain digunakan untuk berkomunikasi, media sosial kerap kali dijadikan sarana untuk menunjukkan eksistensi diri. Ternyata, di balik segala dampak positif tersebut media sosial juga memiliki efek negatif misalnya kecanduan.

Kecanduan tersebut membuat orang susah untuk lepas dari gadget mereka dan pasif terhadap orang di sekitarnya. Oleh karena itu kita harus menjauhi kecanduan yang diakibatkan oleh media sosial dengan mengenal tanda-tandanya. Lantas apa sajakah tanda tersebut? Berikut ulasannya.

1. Menjadi Kegiatan Pertama saat Bangun
Tanda pertama bagi orang yang kecanduan media sosial adalah memulai rutinitas mereka dengan mengecek media sosial pada pagi hari. Biasanya hal terbaru di Facebook, Instagram, Twitter atau media sosial lainnya saat mereka tidur akan dilihat begitu mereka bangun.

2. Menunda
Hampir semua orang yang kecanduan media sosial akan sering menunda-nunda pekerjaan. Puluhan bahkan ratusan menit dihabiskan dengan hal-hal yang tidak begitu penting seperti melihat-lihat foto mantan, foto-foto lipstik baru, hingga mengamati anjing yang berjoget ria. Jangan sampai mengorbankan waktu dengan sia-sia, gunakanlah dengan bijak.

3. Memberi Tahu Lokasi
Selanjutnya adalah orang yang sering memberi tahu lokasi tempat mereka berada (check-in). Tentu saja hal ini akan menjadi nilai lebih apabila hanya pada saat-saat penting saja daripada melakukannya sesering mungkin.

4. Mengambil Foto Terbaik
Terkadang orang disekitar pun sering kali merasa tidak nyaman akibat dari kelakuan pecandu media sosial yang satu ini. Tidak peduli harus seperti apa, yang penting tekanan untuk menghasilkan foto yang sempurna dapat menghilang walaupun akan membuat orang lain jengkel melihatnya.

5. Mudah Dihubungi Melalui Media Sosial
Tanda yang kelima adalah orang tersebut selalu online, artinya mereka sangat mudah di hubungi melalui media sosial. Meskipun berdampak buruk baginya, namun tidak bagi orang yang ingin menghubunginya.

6. Cepat Memberi “Like”
Media sosial identik dengan yang namanya tanda suka (like). Dengan melihat begitu cepatnya seseorang memberikan like sesering mungkin, maka orang tersebut bisa dibilang sudah terkena candu media sosial.

7. Gelisah Tanpa Wifi
Tanda ini biasanya terdapat pada generasi muda yang kecanduan media sosial. Tidak ada masalah yang lebih menggelisahkan daripada tidak adanya sambungan internet atau wifi.

8. Memilih Status yang Tepat
Bukan hanya memilih foto yang terbaik, tetapi memilih kata-kata dalam status juga menjadi hal yang sulit dan penuh pertimbangan bagi mereka yang demam media sosial. Setiap postingan perlu ditampilkan maksimal demi kepuasan tersendiri.

9. Mengambil Alih Aktivitas yang Sedang Dilakukan
Media sosial senantiasa mengambil alih aktivitas yang sedang dilakukan. Suatu waktu ketika sedang makan, orang tersebut malah terhanyut melihat foto-foto di Facebook. Bahkan saat melakukan hobi sekalipun.

Itulah akhir dari ulasan kali ini tentang 9 tanda-tanda orang kecanduan media sosial. Media sosial terkadang membantu aktivitas sehari-hari. Namun akan lebih baik apabila tidak bermain media sosial hingga kecanduan. Semoga bermanfaat.

Sumber: http://www.infophoria.com/2016/11/inilah-9-tanda-orang-kecanduan-media.html

Related : Inilah 9 Tanda Orang Kecanduan Media Sosial

0 Komentar untuk "Inilah 9 Tanda Orang Kecanduan Media Sosial"

Note: Only a member of this blog may post a comment.