Ayo Jalan-Jalan Ke Antartika, Banyak Misteri Pengetahuan Disana



Perjalanan ke kepulauan Bahama, atau mengunjungi Jamaica atau melihat fashion Harajuku di Jepang? Semua tujuan wisata tersebut pasti memiliki keindahannya tersendiri. Benua yang mungkin paling jauh dari pikiran kita untuk tujuan wisata adalah benua Antartika.

Benua yang paling jauh di ujung dunia ini adalah benua yang paling tinggi, paling kosong, paling kering, paling berangin dan paling dingin di dunia. Namun terdapat 20 fakta keren tentang Antartika. Yuk baca sama-sama, pasti nanti kalau kamu bagi cerita dengan teman-teman lain, mereka akan kagum akan pengetahuanmu.

1. Syarat Pekerjaan
Seseorang tidak dapat bekerja di Antartika jika gigi geraham bungsu telah dicabut dan usus buntu telah diangkat. Prosedur operasi tidak dilakukan di Antartika. Jadi seseorang yang akan bekerja disana, harus melakukan operasi pengambilan gigi geraham bungsu dan usus buntu, meskipun organ tersebut berada dalam kondisi yang sehat.

2. Tempat Paling Kering
Benua Antartika adalah tempat yang paling kering di dunia. Daerah paling kering di planet kita ini terletak di Antartika dan bernama “Dry Valley” – Lembah Kering.3. Sama seperti negara lain (Indonesia: .id, Jerman: .de) 

3. Mempunyai Domain Sendiri
Antartika juga memiliki domain internetnya: .aq. Gak adil lah kalau sampai Antartika tidak punya domainnya sendiri! Apa kata dunia? :)

4. Pernah Hangat
53 juta tahun yang lalu, Antartika berhawa hangat, hingga pohon palem dapat tumbuh di sekitar pantai. Pada saat itu, suhu Antartika mencapai 20oC.

5. Metallica Pernah Manggung
Band Metal Metallica pernah manggung di Antartika dengan tema “Freeze ‘Em All” - Bekukan Mereka Semua. Yang mengukuhkan Metallica sebagai band pertama yang pernah pentas di seluruh benua di dunia. Band ini ternyata mengunjungi ketujuh benua di dunia dalam kurun 1 tahun!

6. Nuklir
Terdapat pembangkit energi nuklir di Antartika. Pusat McMurdo adalah komunitas terbesar di Antartika. Tempat ini dioperasikan oleh Amerika Serikat dari tahun 1962.

7. Pemadam
Antartika ternyata memiliki Pemadam Kebakaran. Pemadam kebakaran ini miliki Pusat McMurdo (no 6.) dan mempekerjakan pemadam kebakaran profesional.

8. 1150 Spesies
Meskipun dengan kondisi iklim yang ekstrim, terdapat 1150 spesies fungi yang teridentifikasi dapat hidup di Antartika. Fungi dapat beradaptasi dengan kondisi suhu udara yang ekstrim dingin, dan siklus pembekuan dan pencairan yang kontinu dan berulang.

9. Perbedaan Waktu
Secara teoritis, Antartika memiliki semua perbedaan waktu di planet kita. Semua garis lintang yang digunakan untuk membedakan waktu di dunia bertemu di benua ini.

10. Beruang Kutub
Beruang kutub tidak hidup di Antartika. Jika spesies ini yang hendak kamu lihat, cobalah kunjungi Artik atau Kanada.

11. Bar
Ada bar di Antartika! Bar ini adalah bar berlokasi paling selatan di belahan dunia. Kamu dapat mendapatkan minuman terdingin di dunia di Vernadsky Research Station.

12. Suhu Terdingin
Suhu terdingin yang pernah tercatat di dunia adalah di -89.2oC. Suhu ini tercatat terjadi pada 21 Juli 1983 di Vostok Station, Antartika.

13. Benua Terluas
Antartika adalah benua terluas kelima. Luas benua ini adalah 14.0 juta kilometre persegi.

14. Semuanya Es
99% area Antartika tertutup es. Glasier yang menutup benua ini disebut “Ice Sheet” – “Selimut Es”.

15. Es Tebal
Ketebalan rata-rata es di Antartika adalah 1.6 kilometer. Antartika ternyata memiliki hampir 70% dari air jernih di dunia!

16. Pegunungan
Pegunungan “Transantartic” membagi Antartika menjadi dua bagian: Timur dan Barat. Membentang sejauh 3500 km, pegunungan ini adalah salah satu dari pegunungan terpanjang di dunia.

17. Pertama Ditemukan
Keberadaan Antartika betul-betul tidak disangka hingga saat pertama kali diketemukan pada tahun 1820. Sebelumnya, manusia menyangka Antartika sebagai kepulauan.

18. Manusia Pertama
Petualang asal Norwegia, Roald Amundsen, adalah manusia pertama yang mencapai Kutub Selatan. Ia meninggalkan petualang asal Inggris, Robert Falcon Scott, dan tiba di benua ini pada 14 Desember 1911, dimana kemudian ia menancapkan bendera negaranya di benua baru ini.

19. Negosiasi
Setelah negosiasi rahasia antara 12 negara, ditandatanganilah Perjanjian Antartika pada tahun 1959. Perjanjian ini mengatur bahwa benua ini didedikasikan untuk aktifitas penelitian kedamaian. Hingga saat ini, perjanjian ini telah ditandatangani oleh 48 negara.

20. Pertama Lahir
Pada Januari 1979, Emile Marco Palma menjadi bayi pertama yang dilahirkan di bagian dunia paling selatan ini. Ini adalah proyek yang telah direncanakan oleh Argentina untuk mengklain sebagian wilayah Antartika. Negara ini mengirimkan wanita hamil ke benua Antartika secara sengaja.

Sumber: http://www.buzzbuzzone.com/science/184/Ayo-Jalan-Jalan-Ke-Antartika-Banyak-Misteri-Pengetahuan-Disana.html

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Ayo Jalan-Jalan Ke Antartika, Banyak Misteri Pengetahuan Disana"

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.