Bukan Jahat Atau Kejam, Begini Ciri-ciri Psikopat Sebenarnya

Jika di film-film, khususnya Hollywood, menggambarkan sosok psikopat sebagai pembunuh yang kejam. Namun perlu kita ketahui, bahwa tidak semua psikopat itu orang jahat. Ada juga yang menunjukkan sisi psikopatnya untuk hal-hal yang lebih sederhana. Sebelum kita mencoba mengidentifikasi seorang psikopat, kita harus memahami betul apa itu psikopat. Sebetulnya, psikopat itu termasuk dalam diagnosis gangguan kepribadian antisosial, yang bisa saja terjadi karena faktor genetik dan lingkungan. Pria lebih banyak mengalaminya ketimbang wanita dan umumnya gejalanya meningkat pada usia 20-an. Psikopat tidak mudah untuk dikenali, karena seringkali kepribadiannya sangat menyenangkan, apalagi di awal-awal hubungan. Seiring perjalanan waktu, sifat sejatinya akan semakin nyata. Berikut lima ciri-ciri psikopat menurut Psychologytoday.com:

1. Penuh pesona
Hampir semua psikopat itu adalah orang yang menyenangkan. Orang senang bergaul dan berbicara dengannya. Ia pintar bercerita sehingga lawan bicaranya merasa betah dan merasa lebih baik selepas berbicara dengan si psikopat.

2. Tidak pernah merasakan penyesalan
Si psikopat sulit untuk mengakui kesalahan. Bahkan merasa tidak merasa bersalah sama sekali, karena ia tidak mampu merasakan penyesalan yang sebenarnya. Ia merasa tidak bertanggung jawab ketika menyakiti perasaan orang lain. Sebaliknya, ia akan menyalahkan orang lain dan melempar kesalahan itu pada orang lain.

3. Sangat arogan
Psikopat merasa dirinya sangat penting sehingga harus selalu diperlakukan istimewa. Ia juga membanggakan potensi dan prestasinya. Misalnya ia percaya bahwa ia sangat pantas menjadi CEO atau ia adalah orang yang terbaik dalam segala hal.

4. Berani mengambil risiko besar
Psikopat tidak memikirkan keamanan orang lain. Ia sering berbohong, menipu, bahkan menghalalkan segala cara untuk kepentingan dirinya sendiri. Meskipun tidak semua psikopat terlibat dalam kegiatan yang ilegal, mereka sangat rapi merencanakan kejahatan. Kesalahannya sangat terorganisir dengan baik. Tidak dipungkiri mereka memang sangat pintar.

5. Paling ahli memanipulasi
Psikopat tidak memiliki emosi yang tulus terhadap orang lain. Namun mereka bisa meniru emosi orang lain dan menampilkannya dengan sangat baik. Akibatnya orang yang mencintai mereka sering tidak mengetahui hal ini. Mereka sangat lihai memanipulasi emosi orang lain, ia hebat dalam menyanjung dan membujuk, juga memanfaatkan simpati orang lain.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Bukan Jahat Atau Kejam, Begini Ciri-ciri Psikopat Sebenarnya"

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.