Manfaat Meminum Air Garam Hangat di Pagi Hari

Sejatinya garam merupakan bumbu masakan paling utama yang berfungsi untuk menggurihkan setiap makanan yang dibuat. Namun selain penyempurna rasa, ternyata garam juga sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Garam mentah pada dasarnya membantu tubuh dalam menyeimbangkan gula darah, menjaga kekuatan tulang, mengatur metabolisme, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, dan manfaat lainnya.

Ini karena garam telah menyediakan sejumlah nutrisi dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh. Salah satu cara mengonsumsi garam yang tepat adalah dengan mencampurkan garam dengan secangkir air hangat. Ion positif yang terdapat dalam air garam nayatanya akan mengelilingi ion negatif dari molekul air dan begitu juga sebaliknya.

Kondisi ini menciptakan struktur baru yang mengandung muatan listrik sehingga mudah diserap oleh tubuh. Karena itu Air garam hangat jika digunakan dengan baik akan memberikan banyak manfaat hebat bagi kesehatan. Untuk mendapatkan hasil yang memuaskan, pagi hari saat bangun tidur adalah waktu yang paling tepat untuk menikmati air garam hangat. Dilansir dari thealternativedaily.com, berikut ini merupakan deretan lima manfaat mengonsumsi air garam hangat di pagi hari.

Kecantikan Kulit
Garam secara alami mengandung mineral yang dapat membantu kulit terlihat dan terasa lebih baik. Kandungan chromium dalam garam membantu melawan jerawat dan mengurangi infeksi kulit. Kandungan sulfur membuat kulit bersih dan halus, mengatasi kulit kering, eksim dan ruam.

Tak hanya itu, kandungan seng di dalamnya membantu penyembuh luka lebih cepat, meningkatkan kekebalan tubuh dan mengatur aktivitas kelenjar minyak. Tak kalah dengan nutrisi lainnya, yodium dalam garam membantu tubuh meningkatkan konsumsi oksigen dan tingkat metabolisme kulit.

Kesehatan Tulang
Teori populer terkait dengan osteoporosis dan gangguan tulang lainnya adalah bahwa tubuh menggunakan kalsium dan mineral lainnya untuk bertahan hidup dan menetralkan keasaman dalam darah. Karena air garam hangat kaya akan mineral sehat alami dan memiliki efek alkalinizing, maka air garam diduga mampu membantu meningkatkan kesehatan tulang.

Membantu Tidur Nyenyak
Kandungan mineral dalam garam memberikan efek menenangkan bagi sistem saraf. Garam dikenal dapat mengurangi kortisol dan adrenalin. Keduanya merupakan hormon stres. Sehingga, mengonsumsi air garam hangat mampu membantu tidur kamu lebih nyenyak. Selain itu, air garam hangat membantu tubuh melakukan proses detoksifikasi secara alami. Air garam juga merupakan antibakteri alami sehingga membantu tubuh membersihkan tubuh dari bakteri berbahaya.

Mengurangi Peradangan
Pada dasarnya tubuh manusia hanya membutuhkan sekitar 1,5 sendok teh (sekitar 8gr) garam sehari.Jika kita tak mengonsumsi jumlah garam yang cukup, makan tubuh akan mengalami krisis garam yang dikenal dengan istilah natrium-sparing. Kondisi ini dapat mengganggu keseimbangan cairan dan tekanan darah.

Asupan garam rendah akan menyebabkan enzim renin dan hormon aldosteron meningkat pesat. Jika hal ini berlanjut terus, kadar renin dan aldosteron yang tinggi dapat menyebabkan kerusakan peredaran darah. Hal ini juga meningkatkan peradangan dalam tubuh.

Membantu Pencernaan
Air garam berfungsi untuk mengaktifkan kelenjar air liur di dalam mulut dengan melepaskan amilase. Langkah awal ini sangat penting bagi pencernaan. Dalam perut, garam alami akan merangsang asam klorida dan protein (enzim pencernaan). Keduanya baik untuk membantu usus memecah makanan. Hal ini juga merangsang sekresi di saluran usus dan hati yang membantu pencernaan. Sehingga mengonsumsi air garam hangat secara teratur dapat membantu keteraturan dan meningkatkan penyerapan nutrisi.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Manfaat Meminum Air Garam Hangat di Pagi Hari"

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.