Ini 11 Cara Mudah Bikin Ponsel Android Makin Ngebut

Gawai yang sudah lama digunakan biasanya performanya semakin menurun. Banyak hal yang menyebabkan ponsel menjadi lambat, di antaranya kapasitas RAM kecil, banyak aplikasi bawaan yang tidak berfungsi, dan memori internal penuh. Tapi Anda dapat mengakalinya dengan cara mudah bikin ponsel Android makin ngebut di bawah ini, seperti dilansir dari Android Central dan android authority:

1. Menggunakan Files Go
Cara mudah bikin ponsel Android makin ngebut yang pertama yaitu menggunakan Files Go. Aplikasi dari Google ini berguna untuk mempermudah Anda mengatur dan membersihkan ruangan penyimpanan file pada ponsel Anda. Desainnya yang ramah pengguna memudahkan Anda untuk menggunakannya. Ada dua bagian dalam Files Go, yaitu Storage dan Files. Tekan Storage untuk melihat kapasitas ruangan penyimpanan yang masih tersedia pada ponsel Anda. Pada bagian ini, Anda akan mendapati tips untuk membuat ruang penyimpanan tidak sesak. Selain itu, Anda dapat membersihkan cache pada aplikasi.

2. Hapus Aplikasi-Aplikasi yang Jarang Digunakan
Beberapa ponsel Android sudah dibekali sejumlah aplikasi dari vendor. Aplikasi tersebut tidak semuanya Anda gunakan. Tetapi tidak semua aplikasi yang tidak Anda kehendaki itu dapat dihapus. Anda dapat menonaktikan dengan cara, ke menu setting- apps. Pilh aplikasi yang tidak diinginkan, kemudian tekan uninstall atau disable. Lakukan hal yang sama pada aplikasi tidak penting yang sudah Anda instal. Di samping menggunakan cara mudah bikin ponsel Android makin ngebut di atas, Anda dapat menggunakan menu pada Files Go untuk meng-uninstall aplikasi yang tak digunakan.

3. Gunakan Aplikasi yang Ringan
Jika Anda memiliki ponsel dengan RAM dan memori internal yang terbatas, gunakan aplikasi yang versi ringan. Beberapa aplikasi telah tersedia dalam versi lite yang lebih ringan, sperti Facebook Lite, YouTube Go, Twitter Lite, dan Skype Lite.

4. Install Update Sistem Operasi
Jika mendapat notifikasi untuk melakukan update sistem operasi, segera lakukan. Biasanya update dilakukan jika vendor memperbaiki performa sistem operasi. Untuk mengecek, masuk ke menu setting- about phone – system update. Perangkat lunak terbaru akan sering berisi perbaikan bug dan perbaikan umum dan ini dapat membantu perangkat Android Anda berjalan lebih baik. Pembaruan perangkat lunak cenderung datang OTA (Over The Air) dan Anda harus diminta secara otomatis untuk menginstalnya, namun tidak ada salahnya untuk memeriksanya. Buka Pengaturan> Tentang perangkat> Pembaruan perangkat lunak dan periksa pembaruan. Logika yang sama berlaku untuk aplikasi, jadi jalankan Play Store, buka menu di kiri atas dan ketuk Aplikasi saya dan pastikan semua aplikasi yang Anda gunakan terbaru.

5. Perhatikan Home Screen
Gunakan wallpaper biasa. Live Wallpaper dapat menyebabkan ponsel menjadi lambat, meski wallpaper ini terlihat menarik. Cara mudah bikin ponsel Android makin ngebut ini terlihat simpel tapi mempunyai pengaruh cukup banyak. Jika Anda memilih untuk menggunakan wallpaper hidup maka pertimbangkan untuk menggantinya dengan gambar statis yang bagus. Anda juga harus membersihkan semua ikon yang tidak terpakai dan membatasi widget Anda. Semakin sedikit layar rumah Anda yang berantakan, semakin baik dalam hal performa.

6. Launcher
Launcher yang dibawakan oleh vendor seringkali membuat performa ponsel terhambat. Ganti launcher bawaan dengan launcher yang lebih ringan, seperti Google Now Launcher.Anda mungkin mendapati bahwa peluncur pihak ketiga melakukan triknya. Cobalah sesuatu seperti Nova Launcher, Go Launcher EX, atau Apex Launcher. Percobaan dengan pengaturan dan Anda harus menemukan bahwa perangkat Anda terasa jauh lebih cepat.

7. Teliti Aplikasi yang Berjalan Secara Background
Aplikasi yang berjalan pada latar belakang dapat menyebabkan baterai cepat habis. Pantau penggunaan baterai ponsel secara rutin. Caranya, buka setting – battery. Jika menemukan aplikasi yang berjalan tidak normal, tekan Force Stop.

8. Nonaktifkan Bluetooth
Menonaktifkan Bluetooth membuat baterai Anda hemat dan tidak lambat ketika digunakan.

9. Hapus Aplikasi Optimasi Baterai
Aplikasi untuk mengoptimasi baterai kebanyakan tidak bermanfaat, sebaiknya dihapus saja agar dapat memberi ruang kosong dalam memori ponsel.

10. Menghapus Bloatware atau aplikasi bawaan yang tidak diperlukan
Untuk menghapus aplikasi bawaan memerlukan aplikasi yang harus diinstall. Untuk me-manage ulang kapasitas RAM, coba instal aplikasi Greenify. Aplikasi ini berfungsi mengatur kapan aplikasi akan berjalan dan menutup dengan sempurna.

11.Hapus data Aplikasi Dalam Cache
Data cache untuk aplikasi seharusnya membantu memuat lebih cepat, namun seiring waktu bisa untuk menghabiskan banyak ruang dan berpotensi menyimpan data dalam cache di aplikasi yang tidak Anda gunakan lagi. Terkadang membersihkan data dalam cache untuk aplikasi juga dapat membantu menghapus perilaku serak. Jika Anda ingin memilih aplikasi individual lalu masuk ke Setelan> Aplikasi dan geser ke tab Semua dan ketuk aplikasi yang relevan lalu pilih Hapus cache. Jika Anda memutuskan untuk hanya menghapus keseluruhannya, masuklah ke Settings> Storage dan ketuk data Cached lalu ketuk OK. Juga, periksa CCleaner, membersihkan cache aplikasi Anda dan membantu melakukan perawatan semacam ini. Selain cara mudah bikin ponsel Android makin ngebut di atas, Anda bisa juga membersihkan memori dengan factory reset agar kinerja ponsel menjadi optimal. Tetapi sebelum melakukannya, back up data terlebih dulu.

SUMBER

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Ini 11 Cara Mudah Bikin Ponsel Android Makin Ngebut"

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.