Delapan Cara Mudah Cegah Radang Gusi



Kebersihan mulut menjadi salah satu hal penting yang harus diperhatikan oleh seseorang. Banyak orang yang membersihkan mulut mereka dengan cara menggosok gigi. Ada banyak penyakit yang dapat ditimbulkan apabila tidak menjaga kebersihan gigi, salah satunya adalah radang gusi. 

Radang gusi atau gingivitis merupakan penyakit yang disebabkan oleh buruknya kebersihan mulut sehingga menimbulkan plak atau karang gigi di bagian gigi yang berbatasan dengan tepi gusi. Plak atau karang gigi ini biasanya mengandung banyak bakteri yang dapat membuat gusi infeksi. 

Biasanya ditandai dengan rasa sakit berdenyut, dalam banyak kasus radang gusi disertai dengan penderahan dan bau mulut. Namun tidak perlu khawatir, karena ada cara agar terhindar dari radang gusi. Apa saja caranya? Simak informasinya berikut ini. 

1. Rutin Sikat Gigi 
Hal pertama yang harus dilakukan agar terhindar dari radang gusi adalah dengan rutin menyikat gigi. Setidaknya sikatlah gigi sebanyak dua kali dalam sehari. Pastikan ketika menyikat gigi menggunakan teknik yang tepat, yaitu sikat dengan membentuk sudut 45 derajat. 

Selain itu, agar mendapatkan hasil yang maksimal gosoklah gigi dengan gerakan memutar atar vertikal secara perlahan-lahan. Bisa dimulai dai permukaan gigi luar ke dalam. Sikatlah gigi satu persatu, hindari untuk menyikat gigi sekaligus. Jika masih ragu atau kurang jelas, alangkah lebih baik untuk bertanya kepada dokter gigi. 

2. Gunakan Benang Gigi
Hal selanjutnya yang perlu dilakukan adalah dengan menggunakan benang gigi. Benang gigi ini berfungsi untuk memaksimalkan hasil sikat gigi. Berguna untuk membersihkan kotoran yang sulit dibersihkan ketika menyikat gigi. 

3. Bilas dengan Obat Kumur
Setelah membersihkan gigi dengan cara menggosoknya sesuai aturan serta juga sudah menggunakan benang gigi, alangkah lebih baiknya untuk membilasnya dengan menggunakan obat kumur. Gunakanlah obat kumurr antiseptik yang dapat membunuh bakteri yang menyebabkan penyakit pada gusi. 

4. Pola Makan Seimbang
Tidak hanya kebersihan gigi dan mulut yang perlu diperhatikan untuk mencegah terjadinya peradangan pada gusi. Akan tetapi, pola makan yang seimbang juga menjadi hal penting yang harus diperhatikan. Oleh sebab itu, perhatikan asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh. Pastikan dalam makanan yang dikonsumsi itu mengandung cukup vitamin C dan kalsium yang dapat meminimalkan radang gusi. 

5. Cukup Minum
Air putih ternyata juga memiliki manfaat untuk mencegah radang pada gusi. Mengonsumsi air putih terutama selesai makan, dapat membantu menghilangkan sisa-sisa makanan. Sehingga bisa mengurangi kemungkinan munculnya bakteri penyebab plak.

6. Hindari Penggunaan Tembakau
Hal selanjutnya yang perlu diperhatikan agar terhindar dari radang gusi adalah menghindari penggunaan tembakau. Jika sudah terlanjur menjadi perokok, cobalah untuk mengurangi atau bahkan menghilangkan kebiasaan tersebut. Sebab, tembakau itu dapat meningkatkan resiko radang gusi menurut situs kesehatan WebMD.

7. Rutin Mengunjungi Dokter Gigi
Mengunjungi dokter gigi secara teratur bisa menjadi salah satu solusi untuk mencegah radang gusi. Kunjungi dokter gigi untuk melakukan pembersihan secara teratur agar tidak ada plak yang mengeras lalu berubah menjadi karang gigi. Jika sudah menjadi karang gigi, akan sangat susah dihilangkan hanya dengan sikat gigi dan benang gigi saja. Lakukanlah kunjungan ini minimal setiap enam bulan sekali agar mendapatkan gigi yang bersih dan gusi yang sehat. 

8. Hindari Stres
Cara terakhir yang harus dilakukan agar terhindar dari radang gusi adalah dengan menghindari stres. Sebab, ketika seseorang mengalami stres maka kadar hormon stres kortisolnya akan meningkat. Hal ini bisa menyebabkan tubuh termasuk gusi manusia rentan terhadap peradangan.

Demikianlah ulasan mengenai delapan cara mudah cegah radang gusi yang bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Ingat, bahwa kebersihan gigi menjadi hal penting yang harus diperhatikan. Selain untuk menjaga penampilan, juga dapat mencegah hadirnya berbagai macam penyakit.

Sumber: http://www.infophoria.com/2015/12/delapan-cara-mudah-cegah-radang-gusi.html

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Delapan Cara Mudah Cegah Radang Gusi"

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.